Kamis, 29 September 2016

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?

Kita sering mendengar pertanyaan ini dari para pemula yang ingin melakukan bisnis di dunia maya atau dengan kata lain melakukan internet marketing.

Dari kata-kata internet marketing yang kita dengar dan lihat, tentu kita dapat menilai bahwa mendapatkan uang melalui internet marketing adalah keinginan oleh para pebisnis karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Namun dalam kenyataannya, internet marketing tidak semudah yang dibayangkan, sebagaimana yang kita baca di buku-buku dan artikel-artikel yang bertebaran di internet.

Cara mencari uang dari internet
Gambar Cara mencari uang dari internet

Agar bisa mendapatkan uang dari internet, anda harus menguasai ilmu internet marketing. Atau dengan kata lain intinya adalah jika ingin mendapatkan uang di dunia internet kuncinya adalah pengunjung. Bagaimana anda mendapatkan banyak pengunjung.

Jadi kata kunci dari internet marketing adalah banyaknya pengunjung. Sama seperti halnya jika anda punya toko atau bisnis lain. Pengunjung bisa jadi membeli atau tidak. Namun jika pengunjung banyak datang ke toko, kemungkinan barang yang anda jual bisa dibeli dan bisa juga tidak. Disnilah intinya, kita mencari pengunjung dan memajang iklan barang yang akan dijual.
 
Cara untuk mendapatkan pengunjung dari dunia internet terdapat banyak cara. Namun untuk awal tulisan saya ini, saya akan memberikan dari mana pengunjung bisa didapatkan.

Pengunjung bisa didapatkan dari:
  1. Blog
  2. Sosial Media
  3. Email Marketing
  4. Aplikasi Marketing
  5. Toko Online
  6. Video Marketing
Saya akan menjelaskan dari kelima unsur di atas. Baiklah yang akan kita bahas pertama kali adalah.

Internet Marketing Menggunakan Blog
Blog merupakan istilah dari web log, Apa itu web log, web log adalah web yang berisi catatan atau tulisan-tulisan yang diposting pada halaman web. Jadi jika anda senang menulis, menulis tentang apa saja, tentu saja anda harus memiliki sebuah blog.

Selain sebagai tempat untuk memposting tulisan-tulisan atau menampilkan tulisan-tulisan dalam web, ternyata blog bisa dijadikan untuk ajang promosi atau dengan kata lain untuk mempromosikan sebuah barang. Tentu saja untuk mempromosikan sebuah barang, blog anda harus ramai dengan pengunjung. Karena itulah kunci dari internet marketing adalah pengunjung seperti yang tadi saya sebutkan di atas.

Jadi bagi anda yang memiliki blog yang banyak pengunjung, hal ini bisa menguntungkan anda. Anda bisa menaruh iklan barang sendiri atau menjual sebagian tempat yang kosong pada halaman blog untuk dipasang iklan oleh orang lain. Disanalah fungsi blog yang berkaitan dengan internet marketing.

Selain untuk hal-hal yang telah saya sebutkan di atas, melalui blog, kita juga bisa menjual link untuk menambahkan penilaian sebuah web di mata google. Begitulah cara mendapatkan uang dari internet melalui blog

Internet Marketing Menggunakan Sosial Media
Banyak orang yang sehari-harinya mengakses sosial media. Sosial media digunakan oleh orang untuk update status, berkunjung ke grup-grup, melakukan like pada halaman fanspage dan lain sebagainya.

Secara tidak langsung banyak orang yang tidak sadar, bahwa kegiatan-kegiatan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan melalui internet.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, kuncinya adalah pengunjung. Jadi jika anda membuat group, fanspage, atau akun untuk berjualan dan memiliki banyak pengunjung hal tersebut merupakan sesuatu yang menguntungkan bagi anda. Pada akun sosial media yang anda miliki carilah pengunjung atau pertemanan sebanyak mungkin sehingga anda bisa menaruh iklan barang yang akan anda jual. Banyak pengunjung sosial media mendapatkan informasi baik barang maupun berita-berita melalui informasi dari sosial media. Dari sinilah ide yang bisa anda gunakan untuk menjual barang anda.

Internet Marketing Menggunakan Email Marketing

Walaupun pada saat sekarang email marketing tidak setenar blog dan sosial media, namun menggunakan Email marketing untuk melakukan bisnis juga merupakan salah satu metoda penjualan dalam internet marketing.

Jika anda mendapatkan alamat email orang-orang, anda dapat menyimpannya dan mengirim email secara berkala untuk mempromosikan barang yang anda jual.

Internet Marketing Menggunakan Aplikasi

Jika anda seorang programmer, anda bisa melakukan kegiatan aplikasi marketing. Banyak aplikasi yang digunakan untuk melakukan jual beli. Seperti aplikasi android yang menampilkan iklan jualan software dan iklan barang lainnya.

Semakin banyak pengguna aplikasi yang anda beri secara gratis maupun berbayar serta digunakan oleh orang lain, semakin besar kemungkinan anda meletakkan iklan pada aplikasi tersebut. Dari aplikasi tersebutlah anda bisa meraup keuntungan.

Toko Online
Banyak toko online yang terdapat di dunia internet, seperti tokopedia, buka lapak, olx dan beberapa toko online lainnya. Melalui toko online ini anda dapat mempromosikan barang yang akan anda jual. Kemungkinan terjualnya barang yang anda promosikan akan semakin besar, karena pengunjung dari situs-situs toko online tersebut cukup besar.

Saat ini, banyak pengunjung internet membeli barang melalui toko-toko online tersebut. Jadi untuk mempromosikan barang yang anda jual merupakan hal yang harus dilakukan agar barang yang anda jual bisa cepat terjual

Internet Marketing Menggunakan Video
Selain beberapa cara yang telah saya jelaskan di atas. Terdapat juga cara untuk menjual menggunakan video, atau bisa disebut dengan metoda video marketing. Melalui metoda ini, anda bisa membuat video tentang barang yang akan anda jual, dan memasukkannya ke situs-situs video seperti youtube dan beberapa situs lainnya.

Akan banyak orang yang akan menonton video yang anda buat. Video marketing ini dapat memperkenalkan keunggulan barang yang akan anda jual. Selain itu anda juga dapat menghasilkan uang dari video yang anda buat. Upload video yang anda buat kemudian bergabung dengan adsense youtube untuk dipasang iklan. Semakin banyak pengunjung pada video anda di youtube semakin besar kemungkinan anda mendapatkan pundi-pundi dolar. 

Dari beberapa tulisan saya di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa kunci dari melakukan internet marketing adalah pengunjung. Namun mencari pengunjung bukanlah hal yang mudah. Anda bisa bayangkan berapa banyak saingan anda yang telah ngetop di internet. Sebagai contoh jika orang mencari sesuatu di mesin pencari google, jika anda pertama kali membuat blog, maka blog anda akan menempati urutan ke berapa. Apakah blog yang anda buat dapat ditemukan oleh orang? Maka dari itu dibutuhkan teknik-teknik agar blog bisa berada diurutan pertama.

Begitu pula dengan sosial media. Mampukan anda mendapatkan like, share, join hingga puluhan ribu orang dalam waktu singkat?

Semua itu membutuhkan teknik-teknik tertentu.

Bagaimanakan agar video dapat menempati urutan pertama baik di mesin pencari google maupun di pencarian youtube. Semua ini tergantung teknik yang anda lakukan.

Jadi untuk melakukan internet marketing dibutuhkan trik-trik khusus agar anda berada di pencarian teratas.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Posting Komentar